Contoh RPP Kelas 5
Semester 2 Pengetahuan Alam
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : PENGETAHUAN
ALAM
Kelas / semester : V
(lima) / II (dua)
Pertemuan ke : 34
- 36
Alokasi waktu : 6
x 35'
Standar Kompetensi :
Memahami perubahan yang terjadi di
alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
Indikator :
1. Mendeskripsikan beberapa cara penggunaan
sumber daya alam yang digunakan
di Indonesia.
Misalnya : mineral, air, tumbuhan, dan
hewan.
2. Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia
yang mengubah permukaan bumi untuk memenuhi kebutuhannya.
Misalnya : pertanian, jalan, pertokoan,
bendungan, dan bahan bangunan.
Tujuan Pembelajaran
1. Mendiskusikan dampak yang timbul akibat
pembukaan lahan untuk membangun bendungan terhadap lingkungan sekitar.
2. Mendiskusikan dampak yang timbul akibat
pembukaan lahan untuk membangun bendungan terhadap lingkungan sekitar.
3. Mendiskusikan cara-cara melestarikan
lingkungan, terutama kerusakan akibat banjir.
Materi Ajar
18. Sumber Daya Alam dan Penggunaannya
b. Penggunaan
Sumber Daya Alam oleh Manusia
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian Tugas
- Mengerjakan
soal uji kompetensi
4. Test tertulis
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
Untuk mengawali kegiatan pembelajaran ini
guru dapat memperlihatkan gambar poster lestarikanlah kami. Guru dapat
mengajukan pertanyaan, “Mengapa manusia menebang pohon di hutan ?” Jawaban
siswa diarahkan bahwa manusia menebang pohon bertujuan memenuhi kebutuhan
hidupnya misalnya untuk membuat berbagai macam barang dan peralatan.
Setelah itu, guru dapat mengajukan
pertanyaan lagi kepada siswa, misalnya sebagai beikut :
1. Bagaimana
jika manusia menebang pohon secara terus-menerus ?
2. Bagaimana
seharusnya memanfaatkan sumber daya alam itu ?
- Kegiatan Inti
1. Memnbimbing siswa untuk berdiskusi mengenai
pemanfaatan. sumber daya alam mineral dan sumber daya alam air. Guru dapat
menunjukkan gambar kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam mineral
dan sumber daya alam air. Selanjutnya, siswa diminta berdiskusi mengenai cara
penggunaan sumber daya alam tersebut agar tidak cepat habis.
2. Mengajak siswa untuk berdiskusi mengenai
beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi. Misalnya, guru
dapat menunjukkan gambar bendungan dan meminta siswa untuk menyelesaikan
permasalahan melalui pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
a. Apakah
dampak positif dan negative dari pembangunan bendungan itu ?
b. Apakah
pembangunan bendungan itu dapat mengubah permukaan bumi ?
- Kegiatan Akhir
1. Memberikan penjelasan singkat mengenai matei
dalam bab ini.
2. Memberikan evaluasi pada siswa dangan
soal-soal latihan dan ulangan harian
Sumber / AlatBahan
• Lebih Dekat dengan Alam 5 untuk kelas V
SD, halaman 130-131, Grafindo Media Pratama Group.
• Sains Modern 5 untuk kelas V SD, halaman
166-171, Widya Utama.
• Sains untuk SD kelas 5, halaman 224-226,
Erlangga.
• Gambar-gambar situasi.
• Beberapa bahan untuk mengelompokkan sumber
daya alam.
• Beberapa media cetak dan sumber informasi
lainnya.
• Perpustakaan
Penilaian
o Aspek yang dinilai
- Aspek
afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama,
keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada
lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
- Aspek
kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang
dilontarkan guru dan menjawab soal-soal tertulis.
o Bentuk penilaian .
a. Tes
tertulis; soat-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda
dan ulangan harian.
b. Portopolio:
laporan tertulis dari kegiatan dan diskusi.
Test Formatif :
1. Dapatkah kamu menyebutkan guna hutan bagi
kita ? apakah hutan termasuk sumber daya alam ? Terangkan jawabanmu itu !
2. Tulislah 2 contoh sumber daya alam yang
dapat diperbaharui !
3. Mengapa hewan dan tumbuhan digolongkan
sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui ?
4. Mengapa manusia disebut sebagai sumber daya
paling berpengaruh dan bertanggung jawab atas keadaan alam ?
5. Tulislah tiga usaha yang dapat kita lakukan
untuk menghemat dan memelihara sumber daya alam !
JAWABAN :
1. Hutan mempunyai fungsi sebagai pengatur air,
pengatur suhu udara, dan sebagai sumber daya alam. Ya karena hutan itu
merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan cara tebang dan tanam
2. Tumbuhan dan hewan
3. Karena selalu tersedia karena kita mampu
mengusahakannya
4. Karena usaha itu juga hanya dapat berjalan
jika dikerjakan oleh sumber daya manusia yang handal>
5.
Syarat Peristiwa Fotosistesis :
1. Adanya sinar
matahari (siang hari)
2. CO2, air
dan klorofil.
Reaksi Kimia Fotosintesis
:

Karbondioksida Air Sinar matahari Amilum
Oksigen
Hasil Fotosintesis adalah
:
Oksigen yang dilepaskan ke udara bebas, akibatnya bila kita duduk di
bawah pohon siang hari yang panas akan terasa lebih segar.
Zat makanan yang terbentuk digunakan untuk proses respirasi dan
sisanya disimpan pada batang, akar, buah dan biji.
Tempat Terjadinya
Fotosintesis :
1. Kloroplas
sel-sel batang muda, buah-buah yang berwarna hijau
2. Daun
merupakan tempat yang utama dalam proses fotosintesis, tepatnya di jaringan
palisade yang sel-selnya dipenuhi kloroplas.
Peristiwa fotosintesis terjadi pada siang hari karena sinar matahari
satu syarat yang harus terpenuhi agar fotosintesis bisa berlangsung Syarat lainnya yaitu harus ada CO2,
air dan klorofil.
Untuk lebih jelasnya perhatikan reaksi kimia fotosintesis berikut
ini :

Karbondioksida Air Sinar matahari Amilum
Oksigen
Oksigen yang dihasilkan dari proses ini akan dilepaskan ke udara
bebas sehingga bila kita duduk di bawah pohon pada siang hari yang panas akan
terasa lebih segar. Zat makanan yang terbentuk digunakan untuk proses respirasi
dan sisanya disimpan pada batang, akar, buah dan biji.
Tempat terjadinya fotosintesis di kloroplas sel-sel batang muda,
buah-buah yang berwarna hijau dan daun. Daun merupakan tempat yang utama dalam
proses fotosintesis, tepatnya di jaringan palisade yang sel-selnya dipenuhi
kloroplas.
0 Response to "Contoh RPP Kelas 5 Semester 2 Pengetahuan Alam"