Contoh RPP Kelas 5 Semester 2 Pengetahuan Alam



Contoh RPP Kelas 5 Semester 2 Pengetahuan Alam



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran         :      PENGETAHUAN ALAM
Kelas / semester       :      V (lima) / II (dua)
Pertemuan ke           :      34 - 36
Alokasi waktu          :      6 x 35'


Standar Kompetensi :    
Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam

Indikator :
1.    Mendeskripsikan beberapa cara penggunaan sumber daya alam yang digunakan              di Indonesia.
       Misalnya : mineral, air, tumbuhan, dan hewan.
2.    Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi untuk memenuhi kebutuhannya.
       Misalnya : pertanian, jalan, pertokoan, bendungan, dan bahan bangunan.

Tujuan Pembelajaran
1.    Mendiskusikan dampak yang timbul akibat pembukaan lahan untuk membangun bendungan terhadap lingkungan sekitar.
2.    Mendiskusikan dampak yang timbul akibat pembukaan lahan untuk membangun bendungan terhadap lingkungan sekitar.
3.    Mendiskusikan cara-cara melestarikan lingkungan, terutama kerusakan akibat banjir.

Materi Ajar
18. Sumber Daya Alam dan Penggunaannya
       b.    Penggunaan Sumber Daya Alam oleh Manusia

Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Pemberian Tugas
       -      Mengerjakan soal uji kompetensi
4.    Test tertulis

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
-      Kegiatan Awal
       Untuk mengawali kegiatan pembelajaran ini guru dapat memperlihatkan gambar poster lestarikanlah kami. Guru dapat mengajukan pertanyaan, “Mengapa manusia menebang pohon di hutan ?” Jawaban siswa diarahkan bahwa manusia menebang pohon bertujuan memenuhi kebutuhan hidupnya misalnya untuk membuat berbagai macam barang dan peralatan.
       Setelah itu, guru dapat mengajukan pertanyaan lagi kepada siswa, misalnya sebagai beikut :
       1.    Bagaimana jika manusia menebang pohon secara terus-menerus ?
       2.    Bagaimana seharusnya memanfaatkan sumber daya alam itu ?




-      Kegiatan Inti
1.    Memnbimbing siswa untuk berdiskusi mengenai pemanfaatan. sumber daya alam mineral dan sumber daya alam air. Guru dapat menunjukkan gambar kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam mineral dan sumber daya alam air. Selanjutnya, siswa diminta berdiskusi mengenai cara penggunaan sumber daya alam tersebut agar tidak cepat habis.
2.    Mengajak siswa untuk berdiskusi mengenai beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi. Misalnya, guru dapat menunjukkan gambar bendungan dan meminta siswa untuk menyelesaikan permasalahan melalui pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
       a.     Apakah dampak positif dan negative dari pembangunan bendungan itu ?
       b.    Apakah pembangunan bendungan itu dapat mengubah permukaan bumi ?

-      Kegiatan Akhir
1.    Memberikan penjelasan singkat mengenai matei dalam bab ini.
2.    Memberikan evaluasi pada siswa dangan soal-soal latihan dan ulangan harian

Sumber / AlatBahan
      Lebih Dekat dengan Alam 5 untuk kelas V SD, halaman 130-131, Grafindo Media Pratama Group.
      Sains Modern 5 untuk kelas V SD, halaman 166-171, Widya Utama.
      Sains untuk SD kelas 5, halaman 224-226, Erlangga.
      Gambar-gambar situasi.
      Beberapa bahan untuk mengelompokkan sumber daya alam.
      Beberapa media cetak dan sumber informasi lainnya.
     Perpustakaan

Penilaian
o     Aspek yang dinilai
       -      Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
      
       -      Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru dan menjawab soal-soal tertulis.

o     Bentuk penilaian       .
a.     Tes tertulis; soat-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan ulangan harian.        
b.    Portopolio: laporan tertulis dari kegiatan dan diskusi.
Test Formatif :

1.    Dapatkah kamu menyebutkan guna hutan bagi kita ? apakah hutan termasuk sumber daya alam ? Terangkan jawabanmu itu !
2.    Tulislah 2 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui !
3.    Mengapa hewan dan tumbuhan digolongkan sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui ?
4.    Mengapa manusia disebut sebagai sumber daya paling berpengaruh dan bertanggung jawab atas keadaan alam ?
5.    Tulislah tiga usaha yang dapat kita lakukan untuk menghemat dan memelihara sumber daya alam !

JAWABAN :
1.    Hutan mempunyai fungsi sebagai pengatur air, pengatur suhu udara, dan sebagai sumber daya alam. Ya karena hutan itu merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan cara tebang dan tanam
2.    Tumbuhan dan hewan
3.    Karena selalu tersedia karena kita mampu mengusahakannya
4.    Karena usaha itu juga hanya dapat berjalan jika dikerjakan oleh sumber daya manusia yang handal>
5.        

Syarat  Peristiwa Fotosistesis :
1.         Adanya sinar matahari (siang hari)
2.         CO2, air dan klorofil.

Reaksi Kimia Fotosintesis :

        6 CO2         +   6H2O     klorofil          C2H12O6    +   6O2
Karbondioksida      Air    Sinar matahari    Amilum     Oksigen

Hasil Fotosintesis adalah :
Oksigen yang dilepaskan ke udara bebas, akibatnya bila kita duduk di bawah pohon siang hari yang panas akan terasa lebih segar.
Zat makanan yang terbentuk digunakan untuk proses respirasi dan sisanya disimpan pada batang, akar, buah dan biji.

Tempat Terjadinya Fotosintesis :
1.       Kloroplas sel-sel batang muda, buah-buah yang berwarna hijau 
2.       Daun merupakan tempat yang utama dalam proses fotosintesis, tepatnya di jaringan palisade yang sel-selnya dipenuhi kloroplas.









Peristiwa fotosintesis terjadi pada siang hari karena sinar matahari satu syarat yang harus terpenuhi agar fotosintesis bisa berlangsung  Syarat lainnya yaitu harus ada CO2, air dan klorofil.

Untuk lebih jelasnya perhatikan reaksi kimia fotosintesis berikut ini :

        6 CO2         +   6H2O     klorofil          C2H12O6    +   6O2
Karbondioksida      Air    Sinar matahari    Amilum     Oksigen

Oksigen yang dihasilkan dari proses ini akan dilepaskan ke udara bebas sehingga bila kita duduk di bawah pohon pada siang hari yang panas akan terasa lebih segar. Zat makanan yang terbentuk digunakan untuk proses respirasi dan sisanya disimpan pada batang, akar, buah dan biji.

Tempat terjadinya fotosintesis di kloroplas sel-sel batang muda, buah-buah yang berwarna hijau dan daun. Daun merupakan tempat yang utama dalam proses fotosintesis, tepatnya di jaringan palisade yang sel-selnya dipenuhi kloroplas.

CONTOH SURAT BERITA ACARA
  • Contoh Berita Acara Pelaksanaan Kegiatan
  • Contoh Berita Acara Pemeriksaan Pekerjaan
  • Contoh Berita Acara Pengalian Pekerjaan
  • Contoh Berita Acara Penyelenggaraan Ujian
  • Contoh Berita Acara Serah Terima Pekerjaan
  • Contoh Berita Acara Serah terima IMB
  • Contoh berita Acara Kematian Benih Ikan
  • CONTOH SURAT PERJANJIAN
  • Contoh Surat Perjanjian Kerja
  • Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Jual Beli
  • Contoh Surat Perjanjian Kesepakatan
  • Contoh Surat Perjanjian Kesepakatan Ganti Rug
  • Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja
  • Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah Dan Tanah
  • Contoh Surat Perjanjian Kontrak Tanah Dan Bangunan
  • Contoh Surat Perjanjian Pemborongan Tenaga Pekerjaan
  • Contoh Surat Perjanjian Pinjam Meminjam
  • CONTOH SURAT PERMOHONAN
  • Contoh Surat Permohonan Bantuan
  • Contoh Surat Permohonan Buka Rekening Bank
  • Contoh Surat Permohonan Buka Rekening Bank
  • Contoh Surat Permohonan Dispensasi
  • Contoh Surat Permohonan Donasi Bantuan Dana
  • Contoh Surat Permohonan Keringanan Biaya
  • Contoh Surat Permohonan Lolos Butuh
  • Contoh Surat Permohonan Rehab Asrama Panti Asuhan
  • Contoh Surat Permohonan Ijin belajar program pasca sarjana S2
  • CONTOH SURAT IJIN
  • Contoh Surat Ijin Belajar
  • CONTOH SURAT KETERANGAN
  • Contoh Surat Keterangan Domisili
  • Contoh Surat Keterangan Ijin Mengajar
  • Contoh Surat Keterangan Kerja
  • Contoh Surat Keterangan Masa Kerja 1
  • Contoh Surat Keterangan Masa Kerja
  • Contoh Surat Keterangan Masa Kerja
  • Contoh Surat Keterangan Masa Kerja
  • Contoh Surat Keterangan Mengajar 1
  • Contoh Surat Keterangan Mengajar 2
  • Contoh Surat Keterangan Mengajar 3
  • Contoh Surat Keterangan
  • CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI
  • Contoh Surat Pengunduran Diri
  • CONTOH SURAT PERNYATAN
  • Contoh Surat Pernyataan Keterlambatan Pembayaran
  • Contoh Surat Pernyataan Kontrak Rumah
  • Contoh Surat Pernyataan Menerima BPKB
  • Contoh Surat Pernyataan Tidak Menuntut Diangkat CPNS 1
  • Contoh Surat Pernyataan Tidak menuntut diangkat menjadi PNS
  • Contoh surat pernyataan tidak dituntut diangkat menjadi CPNS 2
  • CONTOH SURAT TANDA TERIMA
  • Contoh Surat Tanda Terima
  • Contoh Surat Tanda Terima Barang
  • CONTOH SURAT MANDAT
  • Contoh Surat Mandat 1
  • Contoh Surat Mandat 2
  • CONTOH SURAT UNDANGAN
  • Contoh Surat Undangan Pengajian
  • Contoh Surat Undangan Silaturahmi
  • Contoh Surat Undangan Rapat Pendirian Koperasi
  • Contoh Surat Undangan Dan Himbauan
  • Contoh Surat Undangan Musyawarah
  • Contoh Surat Undangan Pengadaan Barang
  • Contoh Undangan Silaturahmi 2
  • CONTOH SURAT REKOMENDASI
  • Contoh Surat rekomendasi Pencalonan Kepala Sekolah
  • CONTOH SURAT KEPUTUSAN
  • Contoh Surat Keputusan 1
  • Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Panitia
  • CONTOH SURAT TEGURAN
  • Contoh Surat Teguran Kepala Sekolah
  • CONTOH SURAT TUGAS
  • Contoh Surat Tugas Mengajar Guru Tidak Tetap
  • Contoh Surat Tugas Pengawas Ujian
  • CONTOH PROPOSAL BANTUAN DANA
  • Contoh proposal Permohonan Bantuan Komputer
  • CONTOH SURAT KUASA
  • Contoh Surat Kuasa 1
  • CONTOH SURAT LAMARAN KERJA
  • Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS
  • Contoh Surat Lamaran Kerja Staf Adm
  • CONTOH SURAT KERJA LENGKAP LAINNYA
  • Contoh Surat Cerai Thalak
  • Related Posts :

    0 Response to "Contoh RPP Kelas 5 Semester 2 Pengetahuan Alam"