Contoh RPP Bahasa Indonesia
Kelas 2 Semester 2
Rencana Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Tema : Kesehatan
Sub Tema : Sakit gigi
Kelas / Semester : II
/ II
Hari, Tanggal : Senin, 30 Januari 2006
Waktu : 2
x 35 menit (1 x pertemuan)
Kompetensi dasar
Mendengarkan dongeng
Hasil Belajar
Menjelaskan isi dongeng yang telah didengar, dan mengajukan pertanyaan.
Indikator
Siswa dapat :
- Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
- Menjelaskan isi dongeng
- Mengajukan pertanyaan pada guru tentang
dongeng
I. MATERI PELAJARAN
A. Pokok-Pokok Materi
- Wacana “loli sakit gigi” (terlampir).
- Tidak
menjaga kesehatan gigi
- Akibat tidak menjaga kesehatan gigi
- Memeriksakan ke dokter
B. Media dan Sumber Bacaan
1. Media :
a. teks
bacaan.
b. gambar sakit gigi.
2. Sumber Bahan
a. Tri Novia Neliyanti - Terampil Berbahasa
Indonesia, untuk Sekolah Dasar Kelas II,
Intermasa, 2005, Halaman 38
b. Surana - Aku Cinta Bahasa Indonesia, untuk
Sekolah Dasar Kelas II, Tiga Serangkai, 2004, Halaman 75
c. Muh. Darisman, S.Pd. - Terampil
Berkomunikasi Berbahasa Indonesia, untuk Sekolah Dasar Kelas II, Yudhistira,
2003, Halaman 1 - 2
II. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
A. Metode : 1. Ceramah.
2. Tanya jawab.
3. Penugasan.
4. Diskusi.
5. Cerita.
B. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Pra Kegiatan Belajar Mengajar.
- guru
menyiapkan alat-alat pembelajaran.
2. Kegiatan Awal (5 menit)
a. salam.
b. perkenalan.
c. mengabsen.
d. Apersepsi
1. Pernahkah kamu menggosok gigi ?
2. Berapa kali sehari kamu menggosok gigi ?
3. Dengan apa kamu menggosok gigi ?
3. Kegiatan Inti (40 menit)
a. Siswa
membaca teks “sakit gigi”, siswa-siswa menyimak
pembacaan wacana.
b. Guru
menjelaskan tentang isi wacana.
c. Siswa
mengerjakan pertanyaan.
d. Siswa menjawab pertanyaan yang sesuai dengan
isi wacana.
e. Siswa menceritakan kembali isi cerita dengan
kata-kata sendiri.
f. Guru membagikan lembar kerja, siswa
mengerjakan secara kelompok.
g. Guru memeriksa hasil pekerjaan siswa dengan
menukar pada kelompok lain.
4. Kegiatan Akhir (25 menit)
a. guru
membagikan tes formatif
b. siswa
mengerjakan tes formatif.
c. guru
menganalisis hasil tes formatif.
5. Program Tindak Lanjut
a. Bagi siswa yang nilainya kurang, diadakan
perbaikan.
b Bagi siswa yang nilainya diatas rata-rata
diberi pengayaan.
III. EVALUASI
A. Prosedur
tes
1. Tes awal : Apersepsi.
2. Tes dalam proses : Lembar kerja.
3. Tes akhir : Tes formatif.
B. Jenis tes : - Lisan
: - Tertulis
C. Bentuk tes : - Pilihan
ganda
- Isian
D. Alat
tes : a. Soal
tes formatif (terlampir)
b. Lembar kerja (terlampir)
c. Soal perbaikan (terlampir)
d. Soal pengayaan (terlampir)
LEMBAR KERJA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Kesehatan
Sub Tema : Sakit gigi
Kelas / Semester : II / II
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Apakah
makanan kesukaan loli ? . . . .
2. Dimana
loli menyimpan permen ? . . . .
3. Apakah
yang diingatkan ibu pada loli ? . . . .
4. Kepada
siapa loli menceritakan giginya sakit ? . . . .
5. Apa
yang membuat gigi loli sakit ? . . . .
No
|
Kelompok :
|
Nama
|
|
1.
|
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
|
5.
|
|
6.
|
|
7.
|
|
TES FORMATIF
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Kesehatan
Sub Tema : Sakit gigi
Kelas / Semester : II / II
I. Berilah tanda silang (X)
pada huruf a, b, c, di depan jawaban yang paling benar !
1. Makanan yang . . . membuat gigi sakit
a. asin b. manis c. pedas
2. Menggosok gigi sehari . . . .
a. tiga kali b. empat kali c. lima kali
3. Orang sakit itu sangat tidak enak
Lawan kata sakit
. . . .
a. rajin b. sehat c. kaya
4. Ayah membawa resep dokter untuk membeli obat
di . . . .
a. toko b. pasar c. apotik
5. Berolah raga badan menjadi . . . .
a. sehat b. sakit c. benar
II. Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Di
mana loli menyimpan permen ? . . . .
2. Apa
yang dirasakan loli ? . . . .
3. Kenapa
gigi loli sakit ? . . . .
4. Loli
di bawa dibunya ke mana ? . . . .
5. Apa
pesan dokter gigi ? . . . .
KUNCI JAWABAN
A. Kunci jawaban lembar kerja
1. permen
2. Di tempat tidurnya
3. Agar sering menyikat gigi
4. pada Ibunya
5. Karena jarang menggosok
gigi
B. Kunci jawaban tes formatif
I. 1. b
2. a
3. b
4. c
5. a
II. 1. Di tempat tidurnya
2. Sakit gigi
3. Kaena jarang menyikat gigi
4. Ke dokter
5. Agar rajin menyikat gigi
ANALISA HASIL EVALUASI
No
|
Skor
|
Jumlah
|
Rata
|
Keterangan
|
Nilai
|
Siswa
|
Rata
|
||
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
I. PROGRAM PERBAIKAN
Isilah
titik-titik di bawah ini !
1. Sebelum tidur menggosok . . . .
2. Menggosok
gigi memakai . . . .
3. Jika sakit gigi, di bawa ke . . . .
4. Agar lekas sembuh kita minum . . . .
5. Berapa kali sehari menggosok gigi . . . .
II. PROGRAM PENGAYAAN
Kerjakan
soal berikut !
1. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata
berobat :
2. Teruskan pepatah berikut ini ? Kebersihan
pangkal . . . .
3. Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan
jawaban berikut ini !
loli merasakan sakit gigi
4. Supaya gigi tetap bersih dan sehat, kita
selalu . . . .
5. Istirahat yang paling baik adalah . . . .
KUNCI JAWABAN
A. Kunci jawaban program perbaikan
1. gigi
2. odol dan sikat gigi
3. ke dokter
4. obat
5. tiga kali
B. Kunci jawaban program pengayaan
1. - loli berobat ke dokter
- orang sakit berobat ke dokter
2. Kesehatan
3. Apa yang dirasakan loli ?
4. Menggosok gigi
5. Tidur
0 Response to "Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas 2 Semester 2"