Contoh rencana Pembelajaran PKPS SD Kelas 5 Semester 2
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
PKP'S
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas / Semester : V / 11
Hari, Tanggal : Rabu, 20 Januari 2010
Waktu : 2 x 40 menit
- Kompetensi
Dasar : Kemampuan memahami keragaman kenampakan alam dan buatan di Indonesia
- Hasil
Belajar : Mendiskripsikan kenampakan alam di Indonesia
- Indikator
: Menemutunjukkan pada peta persebaran flora
dan fauna diberbagai wilayah Indonesia.
- Macarn‑macam flora
di Indonesia
- Macam‑macam fauna
di Indonesia
- Pesebaran
flora dan fauna di Indonesia
- Kenampakan
alam dan buatan di Indonesia
I. Materi
Pembelajaran
A.
Pokok‑Pokok Materi
1. Macam‑macam
flora di Indonesia
Bebagai
tumbuhan di Indonesia
mulai tanaman keras seperti pohon besi, meranti dan kruing
2. Macam‑macam
fauna di Indonesia
Fauna yang
ada di Indonesia
dikelompokkan menjadi tiga, yaitu kelompok hewan bercorak Asia, Australia
dan peralihan
3. Persebaran
flora dan fauna di Indonesia
Contoh
: ‑
Hutan jati di daerah Blora Jawa Tengah
‑
Harimau di Sumatra
B.
Media Dan Sumber
1. Media
‑
Bermacam gambar binatang
‑
Bermacam gambar tumbuhan
‑
Peta Indonesia
2. Sumber
- Buku Pengetahuan Sosial SD Kclas 5, Mastur,
dkk, Aneka Ilmu, Semarang,
hal 132‑134
- Horizon Pengetahuan Sosial 5B Kclas 5 SD,
Drs. Sudjatmiko Adisukarjo, dkk, Yudistira, halaman 57‑62
II. Kegiatan
Belajar Mengajar
A.
Metode
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3. Tugas
4.
Diskusi
B.
Langkah‑Langkah Pembelajaran
1.
Pra Kegiatan Belajar Mengajar
‑
Menyiapkan RP
‑
Menyiapkan alat‑alat pembelajaran
2.
Kegiatan Awal (5 menit)
- Salam
‑
Perkena1an
‑
Absensi
‑
Appersepsi
Pernahkah
kalian ke kebun binatang ?
Sebutkah
binatang apa saja yang kamu lihat disana ?
3. Kegiatan Inti (50 menit)
‑
Guru menjelaskan macam‑macam flora di
Indonesia
‑ Guru dan siswa tanya jawab tentang fauna
di Indonesia
‑ Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok
‑
Guru membagi lembar kerja
‑
Siswa mengerjakan lembar kerja secara
kelompok
- Guru dan siswa membahas lembar kerja
‑
Guru dan siswa merangkum materi
4.
Kegiatan Akhir (25 menit)
- Siswa mengerjakan tes formatif secara
perorangan
‑
Guru mengadakan koreksi dan menganalisis
5.
Tindak Lanjut
‑
Perbaikan diberikan kepada siswa yang
mendapal nilai kurang dari 7
‑
Pengayaan diberikan kepada siswa yang
mendapat nilai 7 atau lebih
III. Evaluasi
A.
Prosedur Tes
1.
Tes Awal : ada,
dalam kegiatan appersepsi
2.
Tes dalam proses : ada, dalam
kegiatan belajar mengajar (terlampir)
3.
Tes Akhir : ada,
dalam kegiatan akhir (terlampir)
B.
Jenis Penilaian
1.
Tes Tertulis
2. Tes Lisan : tanya jawab dalam penjelasan materi
3. Tes Pebuatan : dalam kegiatan demonstrasi dan diskusi
kelompok
C.
Bentuk Tes
1.
Pilihan ganda
2.
Essay
D.
Alat Penilaian
‑
Soal lembar kerja
- Soal formatif
‑
Soal tes perbaikan
‑
Soal tes pengayaan
‑ Kunci jawaban
LEMBAR KERJA
Perhatikan garnbar peta diatas
kemudian isilah titik‑titik di bawah ini bersama kelompokmu !
1. Pulau nomor 1
banyak terdapat binatang ………
2. Pulau nomor 2
banyak terdapat binatang ………
7. Pulau nomor 3
banyak terdapat binatang ………
4. Pulau nomor 4
banyak terdapat binatang ………
5. Pulau nomor 5
banyak terdapat binatang ………
Kelompok :
1. …………………………………………
2. …………………………………………
3. …………………………………………
4. …………………………………………
5. …………………………………………
TES FORMATIF
A. Berilah tanda
silang ( X ) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Ciri utama hutan tropis adalah ……
a. hanya tumbuh
pohon cemara c. tumbuh bermacam‑macam pohon
b.
hanya tumbuh pohon jati saja d. tumbuhan
satu jenis saja
2. Di bawah ini yang tidak termasuk jenis hewan
bertipe Australia
adalah …..
a. kasuari c. beruang
b. cendrawasih d. burung nuri
3. Hewan
langka yang berasal dari daerah Nusa Tenggara adalah ……
a. komodo c. gajah
b. harimau c. cendrawasih
4. Hutan
musim biasanya banyak terdapat tanaman ……
a. Kruing c. Jati
b. Kelapa d. Cendana
5. Badak
bercula satu terdapat di ……
a. Ujung Kulon c. Sumatra
b. Papua d. Bali
B. Isilah titik‑titik
di bawah ini !
1. Garis yang
membatasi antara jenis hewan Barat atau Asia
hewan peralihan adalah ……
2. Garis yang
membatasi antara jenis hewan Timur atau Australia dengan hewan peralihan
adalah ……
3. Gajah
terdapat banyak di pulau ……
4. Cendrawasih
terdapat di pulau ……
5. Suaka marga
satwa adalah perlindungan terhadap ……
TES PERBAIKAN
Isilah titik‑titik di bawah ini dengan
benar !
1. Garis Wallace
adalah garis ……
2. Garis Weber
adalah garis ……
3. Hutan tropis
terdapat di pulau ……
4. Pulau Jawa
banyak terdapat hutan ……
5. Kanguru
banyak terdapat di pulau ……
TES PENGAYAAN
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan benar !
1. Disebut hutan
apakah yang terdiri dari bermacam‑macam jenis pohon ?
2. Termasuk tipe
fauna apakah binatang badak itu ?
3. Terdapat
dimanakah hutan sabana itu ?
4. Termasuk
binatang tipe apa kornodo itu ?
5. Diantara
kegunaan hutan bakau adalah untuk menahan erosi dari kikisan apa ?
KUNCI JAWABAN
I. LEMBAR
KERJA
1. Gajah, harimau
2. Cendrawasih, kanguru
3. Badak bercula satu
4. Komodo
5. Anoa
II. TES
FORMATIF
A. 1. C
2. D
3. A
4. C
5. A
B. 1. Garis
Wallece
2. Garis Weber
3. Sumatra
4. Papua
5. Binatang yang hampir punah
III. PERBAIKAN
1. Garis yang membatasi antara jenis hewan
barat dengan hewan peralihan
2. Garis yang membatasi antara jenis hewan
timur dengan hewan peralihan
3. Sumatra, Kalimantan,
Papua / lrian
4. Musim
5. Irian Jaya / Papua
IV. PENGAYAAN
1. Hutan tropis
2. Asia
3. Nusa Tenggara
4. Peralihan
5. Ombak air laut
0 Response to "Contoh rencana Pembelajaran PKPS SD Kelas 5 Semester 2"