RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA Fisika
Kelas/Semester : VII/ 2
Materi : Tata Surya dan Sekitarnya
Sub Materi : Galaksi, Rasi dan Tata Surya
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
Siswa mampu mendeskripsikan perilaku dan karakteristik
tata surya secara sederhana serta proses-proses khusus yang terjadi di tanah
dan udara yang terkait dengan masalah lingkungan.
B. KOMPETENSI DASAR
Siswa mampu mendeskripsikan tata surya dan anggotanya
C. INDIKATOR
• Mendeskripsikan orbit planet mengitari matahari berdasar model
tata surya atau bermain peran
• Menjelaskan
bahwa ada gaya tarik antar benda-benda langit
• Menunjukkan
perbedaan dan persamaan perilaku benda-benda langit, antara lain komet dan
asteroid.
D. Model Pembelajaran
Model
pembelajaran koperatif
Model
pengajaran langsung
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku
Siswa
2. LKS
17.2
3. Panduan
LKS 17.2
F. Alat dan Bahan
Tali rafia
dengan panjang kira-kira 11 meter
Kartu gantung
(apron) bertuliskan :
Matahari, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus,
Neptunus dan Pluto
Model tata
surya (bila ada)
G. Kegiatan Belajar mengajar
a. Pendahuluan
(15 menit)
1. Guru membagikan jawaban LKS 17.1 (merupakan hasil kerja kelompok).
Guru menyebutkan kelompok yang nilainya tertinggi dan memberikan
penghargaan/pujian.
2. Guru mengecek tugas membaca yang telah diberikan pada pertemuan
sebelumnya, dengan meminta salah satu siswa untuk menyebutkan nama-nama planet,
mulai dari yang terdekat hingga yang terjauh dari matahari. Siswa yang lain
diminta menanggapi.
3. Guru menunjukkan model tata surya (bila ada), dengan pengajaran
langsung guru mendemonstrasikan orbit revolusi planet-planet.
4. Guru menyampaikan indikator pembelajaran.
b. Kegiatan
Inti (75 menit)
1. Guru memilih 10 siswa untuk menjadi model. Seorang siswa dipilih
menjadi matahari, 9 orang menjadi planet : Merkurius, Venus, Bumi, Mars,
Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto. Agar pemodelan lebih menarik
perlu juga diperhatikan saat memilih postur model, misalnya yang menjadi
matahari dipilih siswa yang tinggi besar, sedangkan yang menjadi Pluto dipilih
siswa yang kecil
2. Masing-masing model diberi apron (kartu gantung) sesuai nama benda
langit yang dimodelkan. Kartu digantungkan pada leher.
3. Guru mengajak siswa ke lapangan sekolah, atau tempat lain yang
cukup luas.
4. Siswa yang tidak menjadi model diminta aktif mengamati model.
5. Guru memilih Salah satu siswa menjadi pengendali simulasi atau
pemodelan dengan mengacu pada petunjuk LKS 17.2. Guru mengamati dan membimbing
kegiatan.
6. Siswa model melakukan simulasi mengikuti langkah 1-4 LKS 17.2.
Hasilnya dicatat pada tabel. Semua siswa yang tidak menjadi
model dapat mencatat pada LKS-nya masing-masing.
Untuk mengecek hasil pengamatan siswa, sebaiknya guru juga
mencatat hasil pengamatannya sendiri.
7. Secara bergantian, berdasar hasil pengamatan siswa diminta
menjawab pertanyaan LKS 17.2 soal nomor 1-5. Siswa yang lain diminta memberikan
tanggapan atas jawaban temannya.
8. Guru berdiskusi/tanya jawab dengan siswa hingga semua siswa paham.
9. Dengan mengacu model pembelajaran kooperatif think-pair-share
siswa diminta berpasangan dengan teman sebangkunya untuk melengkapi tabel waktu
orbit dan jarak planet-planet dari matahari dan menjawab pertanyaan nomor 1-4
LKS 17.2. Juga menuliskan hasil diskusinya.
10. Guru meminta beberapa pasangan siswa untuk menyampaikan jawaban dan
hasil diskusinya.
11. Berdiskusi dengan siswa mengapa planet tetap mengorbit mengelilingi
matahari hingga siswa memahami adanya gaya tarik antar planet dan matahari.
c. Penutup
(10 menit)
1. Guru memastikan bahwa setiap kelompok telah mendapatkan
jawaban-jawaban LKS 17.2 dengan benar. Untuk itu, guru meminta beberapa siswa
membaca jawaban yang tertulis di LKS-nya masing-masing.
2. Siswa diminta membaca buku siswa tentang matahari.
H. Penilaian
1. Jenis
Tagihan
- Tugas Individu
- Tugas Kelompok
- Ulangan Harian
2. Bentuk
Instrumen
- Uraian non obyektif
- Uraian obyektif
- Unjuk kerja
3. Soal
/ Instrumen
1) Bagaimana gerakan bulan dan bumi dalam tata
surya ?
2) Bagaimanakah besar
gravitasi matahari dan bulan jika jaraknya semakin jauh ?
3) Gambarkan orbit
planet-planet dalam mengitari matahari !
4) Berdasarkan tabel
data fisik anggota tata surya tunjukkan, manakah yang memiliki : massa,
jari-jari dan jarak ke matahari terbesar ?
5) Tunjukkan persamaan
dan perbedaan komet dan asteroid !
6) Tuliskan beberapa fungsi satelit buatan yang di orbit bumi
bagi kepentingan manusia !
Lembar penilaian
dalam presentasi (rating scale).
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Hasil
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kompetensi
menyampaikan informasi
|
|
|
|
|
|
2
|
Kompetensi
menyampaikan ide
|
|
|
|
|
|
3
|
Kompetensi
mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
|
|
4
|
Kompetensi
mengajukan argumentasi
|
|
|
|
|
|
5
|
Kerelaan
menghargai pendapat orang lain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: Beri tanda cek ( P ) pada kolom yang sesuai.
5 : sangat
baik, jika sangat tepat dengan yang seharusnya
4 : baik,
jika sebagian besar sudah sesuai dengan yang seharusnya
3 : cukup,
jika antara yang benar dan salah seimbang
2 : kurang, jika sebagian besar tidak sesuai
dengan yang seharusnya tetapi masih dapat diterima
1 : sangat
kurang, jika seluruhnya tidak sesuai dengan yang seharusnya
Nilai = å skor x 4
0 Response to "Contoh RPP SMP Kelas 7 Semester 2 IPA Fisika"