RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII / 2
Standar Kompetensi : 4.
Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.1.
Menggunakan peta, alas, dan globe
untuk
mendapatkan informasi keruangan
Indikator : o Membedakan
peta, atlas, dan globe
o Mengidentifikasijenis, bentuk, dan
pemanfaatan peta
o Mengidentifikasi informasi geografi dari
peta, atlas, dan globe
o Mengartiikan berbagai skala
o Memperbesar
dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran ( 4 x pertemuan )
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajarfan, siswa dapat :
1.
Mengidentifikasi perbedaan antara peta, atlas, dan
globe
2.
Mengidentifikasi jenis-jenis peta
3.
Mengidentifikasi bentuk-bentuk peta
4.
Mengidentifikasi pemanfaatgan peta
5.
Mengartikan berbagai skala
6.
Menentukan letak suatu tempat dengan menggunakan garis
lintang dan garis bujur
7.
Memperagakan gerak dan rotasi bumi menggunakan globe
8.
Mempergunakan indeks untuk mencari letak suatu tempat
di atlas
9.
Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan
garis-garis koordinat
B. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Pengertian peta, atlas, dan globe
2.
Jenis-jenis ppeta
3.
Bentuk-bentuk peta
4.
Menentukan letak suatu tempat dengan menggunakan garis lintang dan garis
bujur
5.
Memperagakan gerak dan rotasi bumi menggunakan globe
6.
Penggunaan indeks dan daftar isi pada atlas
7.
Skala peta
8.
Memperbesar dan memperkecil peta
C. METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Inquiry
4.
Tanya jawab
5.
Simulasi
6.
Observasi / pengamatan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I :
a. Pendahuluan
- Apersepsi : Tuliskan rute perjalanan dari rumah
ke sekolah
- Motivasi : - Siswa diminta untuk saling tukar menukar tulisan tentang
rute
perjalanan tersebut dengan temannya, kemudian ditanya “ Mudah atau
sukarkah kamu menentukan rumah temanmu
dengan uraian rute
perjalanan tersebut “
- Alat bantu apakah yang dapat memudahkan
untuk menentukan rumah
temanmu tersebut.
b. Kegiatan
Inti
-
Siswa dibagi dalam 4 kelompok
-
Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati peta, atlas, dan globe
-
Kelompok I. : Perbedaan peta, atlas, dan globe
II. :
Perbedaan unsur peta dan atlas
III :
Simbol-simbol pada peta tersebut dan contoh-contohnya
IV.
: Jenis-jenis
peta beserta contohnya
-
Setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan
-
Setiap kelompok mempresentasikan ke depan kelas hasil
pengamatannya
-
Tanya jawab tentang bperbedaan atlas, peta, dan globe
c. Penutup :
-
Penilaian
- Refleksi :
Siswa mengungkapkan pesan terhadap
pentingnya mempelajari peta,
atlas, dan
globe
Pertemuan
2
a. Pendahuluan
- Apersepsi : Jelaskan
perbedaan peta, atlas, dan globe
- Motivasi : Cerita
tentang pentingnya peta, atlas, dan globe sebagai sumber informasi
b. Kegiatan Inti
- Menentukan letak lintang dan bujur
(astronomis) suatu tempat di permukaan bumi pada peta
- Menggunakan
daftar isi pada atlas untuk mencari peta tertentu
- Menggunakan
indeks pada atlas untuk mencari letak suatu tempat
- Mendemonstrasikan gerak rotasi menggunakan
globe
- Diskusi tentang informasi geografi yang di
dapat dari peta, atlas, dan globe
c. Penutup
- Penilaian
- Refleksi : Siswa menyimpulkan manfaat peta, atlas, dan
globe dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan 3 :
a. Pendahuluan :
- Apersepsi :
Sebutkan unsur peta yang berkaitan
dengan jarak
- Motivasi :
Siswa diajak di luar kelas untuk
mengukur panjang dan lebar halaman sekolah, kemudian ditanyakan “ Dapatkah
halaman tersebut digambarkan
pada kertas sesuai dengan ukuran yang sebenarnya
b. Kegiatan Inti :
- Tanya jawab tentang arti skala yang ada pada
peta
- Menghitung jarak dengan menggunakan skala
pada peta
- Mengamati dan tanya jawab tentang berbagai
jenis skala pada peta
- Tanya jawab tentang pengertian peta
c.
Penutup :
- Penilaian
- Refleksi : Siswsa membuat kesimpulan manfaat skala
peta
Pertemuan 4 :
a. Pendahuluan :
- Apersepsi : Jelaskan
manfaat skala pada peta
- Motivasi : Mengamati
suatu peta. Dapatkah peta tersebut diperbesar atau diperkecil
b. Kegiatan Inti :
- Tanya
jawab tentang alat memperbesar dan memperkecil peta
- Tanya
jawab tentang bahan dan alat yang digunakan dalam memperbesar atau memperkecil
peta dengan menggunakan garis-garis koordinat
- Menyiapkan
alat dan bahan untuk memperbesar atau memperkecil peta dengan mennggunakan
garis-garis koordinat
- Menentukan
peta yang akan diperbesar atau diperkecil menggunakan gari-garis koordinat
- Membuat
garis-garis koordinat pada kertas kerja sesuai dengan perbesaran atau
perkecilan yang diinginkan
- Menyalin
peta dari peta asli ke kertas kerja
- Menentukan
skala pada peta yang telah diperbesar atau diperkecil
- Tanya
jawab tentang unsur yang berubah dan tidak berubah dari peta setelah diperbesar
atau diperkecil
c. Penutup
- Penilaian
- Refleksi : Siswa
menyampaikan kesan tentang kesulitan dalam memperbesar atau memperkecil peta
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Peta
2. Atlas
3. Globe
4. Kertas karton /HVS
5.
Kertas penilaian Psikomotorik
6.
OHP
7.
Buku Geografi yang relevan
F. PENILAIAN
1. Teknik
Penilaian
a. Tes Tertulis
b. Tes untuk kerja
2. Bentuk
Instrumen :
a. Tes Uraian
b. Tes Identifikasi
c. Uji petik kerja produk
3. Soal /Instrumen :
Tes
Uraian :
(1). Sebutkan
unsur-unsur peta dan atlas
(2). Berikan
masing-masing 2 contoh peta umum dan peta khusus
(3). Jelaskan
2 bentuk peta
(4). Sebutkan
3 informasi geografi dari peta
(5). Jika
peta yang berskala 1 : 1.000.000. Jarak antara kota A
dan B adalah 5 cm, hitunglah jarak yang
sebenarnya ?
(6). Tentukan Letak astronomis (linatng
dan bujur) dari kotaJakarta
?
(7). Peragakan gerak rotasi bumi dengan
menggunakan globe
Tes
Identifikasi :
o
Carilah letak kota
Bulukumba pada atlas dengan menggunakan indeks
Uji
petik kerja produk :
o Pilihlah peta salah
satu pulau di Indonesia
dalam atlasmu, kemudian perbesarlah 2 kali
0 Response to "Contoh RPP SMP Kelas 7 Semester 2 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)"