RENCANA PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Kerajinan
Tangan dan Kesenian
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas
/ Semester : VI /
I
Hari,
Tanggal : Senin,
Waktu : 2 x 40 menit
I. Kompetensi Dasar
Memahami berbagai benda yang mengandung prinsip
komposisi dengan berbagai teknik sebagai media pembuatan benda pakai dalam
lingkup wilayah Nusantara dan mancanegara.
II. Hasil Belajar
Mendiskripsikan benda kerajinan berbahan tekstil
dengan teknik sulam dengan teknik tusuk dasar
III. Indikator
Membedakan karakteristik benda kerajinan ragam
bentuk tusuk dasar
IV. Materi Pokok
Pengertian ragam teknik tusuk dasar.
V. Metode, Media dan Sumber
A. Metode
Pembelajaran
- Ceramah.
- Demonstrasi
B. Media dan Alat
Peraga
- Kain strimin dan kain perca
- Benang sulam
- Jarum
C. Sumber Belajar
Buku Kerajinan Tangan dan
Kesenian untuk SD Kelas VI Kurikulum 1994 Suplemen GBPP 1999, Tim Bina Karya
Guru, Penerbit Erlangga, hal. 3-16
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Persiapan
- Mengucapkan salam
- Merapikan tempat duduk
- Berdo’a.
B. Kegiatan Awal
(5’)
- Guru mengabsen siswa.
- Guru memotivasi
siswa agar dalam kegiatan belajar mengajar siswa memperhatikan apa yang akan
dijelaskan guru
- Apersepsi
v
Guru memberikan rangsangan terhadap siswa
tentang materi yang akan diajarkan.
C. Kegiatan Inti
(40’)
- Guru menjelaskan
tentang tusuk dasar dan siswa memperhatikan penjelasan guru
- Guru memberikan
berbagai contoh tusuk dasar, misalnya tusuk jelujur, tusuk tikam jejak, tusuk
fiston, tusuk tangkai, tusuk silang dan sebagainya, siswa memperhatikan contoh
dari guru.
- Siswa disuruh
mempraktekkan berbagai macam tusuk dasar seperti yang telah dicontohkan oleh
guru.
- Guru memeriksa dan
mengoreksi apa yang telah dipraktekkan siswa.
D. Kegiatan Akhir
(35’)
- Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah diajarkan.
- Guru menjawab
pertanyaan siswa dan memberikan kesimpulan dari materi yang telah diajarkan
- Guru mengadakan test
praktek kepada siswa
- Guru menutup
pelajaran dengan ucapan alam
VII. Evaluasi
A. Soal
1. Buatlah
sebuah saputangan dari kain perca dengan berbagai jenis tusuk (misal tusuk
fiston, tusuk pipih, tusuk delapan, dll0
2. Buatlah
namamu dan kelasmu pada kain strimin dengan menggunakan tusuk silang
B. Penilaian
- Penilaian
didasarkan hasil karya siswa
0 Response to "Contoh Rencana Pembelajaran ( RP ) SD Kelas 6 Semester 1 Kerajinan Tangan dan Kesenian"