Contoh Rencana
Pembelajaran ( RP ) SD Kelas 4 Semester 2 Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosial
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosial
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas, Semester : 4 / II
Hari, Tanggal : Selasa,
Waktu :
2 x 40 menit
Kompetensi Dasar : Menghargai berbagai peninggalan di lingkungan setempat
Hasil Belajar : Mendiskripsikan berbagai bentuk peninggalan sejarah di lingkungan setempat
Indikator : 1. Siswa dapat menyebutkan berbagai bentuk peninggalan sejarah
2. Siswa dapat mencari dalam peta letak
peninggalan sejarah yang dijadikan obyek wisata di Jepara
3. Siswa dapat menyebutkan salah satu budaya
yang ada di lingkungan setempat
4. Siswa dapat mendata peninggalan-peninggalan
sejarah yang ada di lingkungan setempat
5. Siswa dapat menggolongkan peninggalan sesuai
sumbernya
I. Materi Pelajaran
1. Pokok-Pokok Materi
1.1 Memberikan
penjelasan tentang berbagai bentuk
peninggalan sejarah
1.2 Menemutunjukkan
letak peninggalan sejarah yang dijadikan obyek wisata di Jepara
1.3 Menyebutkan salah satu
budaya yang ada di lingkungan setempat
1.4 Mendata dan menggolongkan
peninggalan sejarah sesuai sumbernya
2. Media
2.1 Peta obyek wisata Kabupaten
Jepara
2.2 Gambar Musium Kartini,
Pendopo, Monumen Ari-Ari, Benteng Portugis, Masjid Mantingan dan benda-benda
purbakala
3. Sumber Bahan
3.1 Buku Paket Terpadu
Pengetahuan Sosial Jilid IV, Hal. 159-160
3.2 Jepara Sejarah dan Budaya,
kantor Dinas Perhubungan dan Pariwisata Kabupaten Jepara, Jepara, 2003
3.3 Kepak Sayap Bumi Kartini,
Pemerintah Kabupaten Dati II Jepara, Jepara, 1992, Hal. 33-34
3.4 Jepara Surga Industri Mebel
Ukir, Pemerintah Kabupaten Jepara, Kantor Informasi dan Komunikasi, Jepara,
2002, Hal. 1-6
II. Kegiatan Pembelajaran
1. Metode
1.1 Ceramah
1.2 Demonstrasi
1.3 Tanya jawab
1.4 Diskusi
2. Langkah-Langkah Pembelajaran
2.1 Pra Kegiatan Belajar
Mengajar.
a. Menyiapkan buku dan alat tulis
b. Menyiapkan bahan pembelajaran
2.2 Kegiatan Awal (5 menit).
a. Mengucap salam
b. Berdoa bersama
c. Presensi Kelas
d. Apersepsi.
Tanya
jawab tentang hal yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
- Tahukah kalian bahwa peninggalan sejarah
dapat menggambarkan kehidupan masa lalu ?
- Peninggalan sejarah apa sajakah yang kalian
etahui ?
2.3 Kegiatan Inti (45 menit)
NO INDIKATOR
|
KEGIATAN INTI
|
WAKTU
|
1.
|
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang
berbagai bentuk peninggalan sejarah
|
7’
|
2.
|
Siswa melakukan demonstrasi dengan menemutunjukkan
letak peninggalan sejarah yang dijadikan obyek wisata pada peta Kabupaten
Jepara
|
8’
|
3.
|
Guru memberikan pertanyaan untuk dijawab
siswa mengenai berbagai budaya yang ada di lingkungan setempat
|
10’
|
4.
|
Siswa secara berkelompok mendata peninggalan-peninggalan
sejarah yang ada di lingkungan setempat
|
15’
|
5.
|
Siswa secara berdiskusi
menggolongkan peninggalan sejarah dari data yang didapat sesuai dengan
sumbernya
|
5’
|
|
|
|
2.4 Kegiatan Akhir (35 menit)
a. Siswa mengerjakan tes formatif
b. Guru mengoreksi dan menganalisis hasil tes
c. Guru memberikan tindak lanjut
d. Menutup pelajaran dengan doa bersama
3. Penilaian
3.1 Prosedur Penilaian
a. Tes awal : ada, dilaksanakan saat apersepsi)
b. Tes dalam proses : ada, saat
pembelajaran
c. Tes akhir : ada, tes formatif
3.2 Jenis
penilaian
a. Tes lisan
b. Tes tertulis
3.3 Bentuk
penilaian
a. Essay
b. Pilihan
ganda
3.4 Alat
penilaian
a. Lembar
tes formatif
b. Lembar
tes perbaikan
c. Lembar
tes pengayaan
d. Analisis
hasil evaluasi
RINGKASAN MATERI
1. Sejarah
dapat diartikan sebagai cerita tentang kehidupan masa lalu
2. Sumber
sejarah dibagi menjadi :
a. Sumber lisan
merupakan cerita lisan dari pelaku atau saksi peristiwa sejarah.
Contoh : cerita rakyat Malin Kundang
b. Sumber tulisan
merupakan keterangan tertulis mengenai suatu peristiwa sejarah
Contoh : prasasti, naskah, surat
c. Sumber benda
merupakan benda-benda peninggalan masa lalu
Contoh
: masjid, benteng, fosil, candi, tugu, bangunan
3. Fosil
adalah sisa tulang belulang manusia dan hewan atau sisa tumbuhan yang telah
membatu dan tertanam di lapisan tanah.
4. Prasasti
yang ditemukan di Indonesia kebanyakan menggunakan bahasa Sansekerta dan huruf
Palawa, namun ada juga yang menggunakan bahasa Melayu kuno.
5. Peninggalan
sejarah di Jepara antara lain pendopo Kabupaten Jepara, museum RA Kartini,
Monumen Ari-ari RA Kartini, Masjid dan Makam Mantingan, Benteng Portugis, fosil
ikan Joko Tuwo, prasasti, keramik, guci. fragmen dan masih banyak lagi.
PENINGGALAN SEJARAH JEPARA
Jepara yang
terletak di sebelah utara laut Jawa, sebelah timur Kabupaten Pati dan Kudus,
sebelah selatan Kabupaten Demak dan sebelah barat laut Jawa banyak menyimpan
peninggalan sejarah yang sangat bernilai, diantaranya dapat kita simak di bawah
ini.
Pendopo Kabupaten
Jepara yang dibangun pada tahun 1750 yaitu pada era Pemerintahan Adipati Citro
Sumo III. Beliau merupakan pimpinan pemerintahan yang ke 23. Sedangkan ayahnya R.A
Kartini merupakan Bupati ke 31.
Museum R.A
Kartini didirikan pada tanggal 30 Maret 1975 pada masa pemerintahan Bupati
Soewarno Djojomardomo, SH. dan diresmikan pada tanggal21 April 1977 oleh Bupati
KDH Tingkat II Jepara, Soedikto, SH.
Monumen Ari-Ari
R.A Kartini terletak 18 km sebelah timur Jepara, tepatnya di Kecamatan Mayong.
Berbentuk joglo dengan ukiran khas Jepara. Terdapat sumur tua di mana RA
Kartini lahir dan disucikan.
Masjid Mantingan
yang di bangun pada tahun 1559 M. Di lingkungan masjid juga terdapat Makam
Sunan Mantingan atau Sunan Hadirin dan istrinya Ratu Kalinyamat.
Benteng Portugis
yang dibangun pada tahun 1632 oleh Kerajaan Mataram itu digunakan untuk menjaga
lintas pelayaran ke Kota Jepara yang menjadi Bandar Utama Mataram untuk ekspor
impor.
Di Jepara juga
banyak ditemukan benda-benda purbakala yang disimpan di Museum Kartini,
diantaranya tulang ikan Joko Tuwo, prasasti, keramik, guci, fragmen (meja
pemujaan) dan lain sebagainya.
LEMBAR KERJA
SISWA
Mata
Pelajaran : PKPS
Kelas,
Semester : 4, II
Waktu : 20 menit
Hari, Tanggal : Selasa,
1. Bacalah
bacaan yang berjudul “Peninggalan Sejarah Jepara” yang terlampir.
2. Data
dan golongkanlah peninggalan sejarah tersebut pada tabel di bawah ini !
No
|
Nama
Peninggalan Sejarah
|
Sumber
Lisan
|
Sumber
Tulisan
|
Sumber
Benda
|
|
|
|
|
|
3. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
a. Ayah R.A Kartini menjadi Bupati Jepara yang
ke berapa ?
b. Tanggal berapakah Museum Kartini diresmikan ?
c. Siapakah istri Sunan Hadirin ?
d. Apa tujuan Mataram membangun Benteng Portugis
?
e. Dimanakah letak Monumen Ari-Ari R.A Kartini ?
LEMBAR TES FORMATIF
Mata
Pelajaran : PKPS
Kelas,
Semester : 4, II
Waktu : 10 menit
Hari, Tanggal : Selasa,
Nama Siswa :
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1. Sebutkan 3 (tiga) jenis
bangunan yang bernilai sejarah di Jepara !
2. Di Kecamatan manakah
terdapat Monumen Ari-Ari ?
3. Sebutkan 3 (tiga) adat
atau budaya daerah yang kalian ketahui !
4. Berikan 3 (tiga) contoh
peninggalan sejarah !
5. Di bagi menjadi berapakah
sumber sejarah ? Sebutkan dan berilah satu contohnya !
LEMBAR PENGAYAAN
Mata
Pelajaran : PKPS
Kelas,
Semester : 4, II
Waktu : 10 menit
Hari, Tanggal : Selasa,
Nama Siswa :
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1. Apa
yang dimaksud dengan fosil !
2. Di
desa manakah terdapat Makam dan Masjid Mantingan ?
3. Peninggalan
budaya masyarakat Jeapra berupa perang dengan menggunakan nyala obor disebut .
. . .
4. Bahasa
apa saja yang sering digunakan pada prasasti ?
5. Apa
yang dimaksud sumber sejarah lisan ?
LEMBAR TES PERBAIKAN
Mata
Pelajaran : PKPS
Kelas,
Semester : 4, II
Waktu : 10 menit
Hari, Tanggal : Selasa,
Nama Siswa :
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar !
1. Peninggalan
sejarah berupa bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertahanan dari serangan
musuh adalah . . . .
a. benteng c. prasasti
b. musium d. candi
2. Fosil
yang ditemukan Du Bois terletak di propinsi . . . .
a. Jawa
Barat c. Jawa Timur
b. Jawa
Tengah d. Yogyakarta
3. Hari
jadi Jepara jatuh pada tanggal . . . .
a. 15
April c. 18 April
b. 10
April d. 21 April
4. Melestarikan
benda-benda museum adalah tugas . . . .
a. Pemerintah c. mahasiswa
b. anak
pelajar d. semua warga
5. Prasasti
termasuk sumber sejarah . . . .
a. lisan c. benda
b. tertulis d. naskah
LEMBAR TES
PERBAIKAN
Mata
Pelajaran : PKPS
Kelas,
Semester : 4, II
Waktu : 10 menit
Hari, Tanggal : Selasa,
Nama Siswa :
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar !
1. Peninggalan
sejarah berupa bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertahanan dari serangan
musuh adalah . . . .
a. benteng b. musium
c. prasasti d. candi
2. Fosil
yang ditemukan Du Bois terletak di propinsi . . . .
a. Jawa Barat b. Jawa Tengah c. Jawa Timur d. Yogyakarta
3. Hari
jadi Jepara jatuh pada tanggal . . . .
a. 15 April b. 10 April c. 18 April d. 21 April
4. Melestarikan
benda-benda museum adalah tugas . . . .
a. Pemerintah b. anak pelajar c. mahasiswa d. semua warga
5. Prasasti
termasuk sumber sejarah . . . .
a. lisan b. tertulis c. benda d. naskah
LEMBAR TES PERBAIKAN
Mata
Pelajaran : PKPS
Kelas,
Semester : 4, II
Waktu : 10 menit
Hari, Tanggal : Selasa,
Nama Siswa :
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar !
1. Peninggalan
sejarah berupa bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertahanan dari serangan
musuh adalah . . . .
a. benteng b. musium
c. prasasti d. candi
2. Fosil
yang ditemukan Du Bois terletak di propinsi . . . .
a. Jawa Barat b. Jawa Tengah c. Jawa Timur d. Yogyakarta
3. Hari
jadi Jepara jatuh pada tanggal . . . .
a. 15 April b. 10 April c. 18 April d. 21 April
4. Melestarikan
benda-benda museum adalah tugas . . . .
a. Pemerintah b. anak pelajar c. mahasiswa d. semua warga
5. Prasasti
termasuk sumber sejarah . . . .
a. lisan b. tertulis c. benda d. naskah
LEMBAR KUNCI JAWABAN
Mata
Pelajaran : PKPS
Kelas,
Semester : 4, II

|
No.
|
Nama
Peninggalan Sejarah
|
Sumber
Lisan
|
Sumber
Tulisan
|
Sumber
Benda
|
1.
|
Pendopo Kabupaten Jepara
|
|
|
P
|
2.
|
Museum R.A Kartini
|
|
|
P
|
3.
|
Monumen Ari-Ari
|
|
|
P
|
4.
|
Masjid dan Makam Mantingan
|
|
|
P
|
5.
|
Benteng Portugis
|
|
|
P
|
6.
|
Tulang Ikan Joko uwo
|
|
|
P
|
7.
|
Prasasti
|
|
P
|
|
8.
|
Keramik
|
|
|
P
|
9.
|
Guci
|
|
|
P
|
10.
|
Fragmen
|
|
|
P
|
3. a. Ke
– 31 d. Untuk menjaga lintas pelayaran ke Kota Jepara
b. 21 April 1977 e. Di
Kecamatan Mayong
c. Ratu Kalinyamat
B. Jawaban Tes
Formatif
1. Benteng Portugis, Musium Kartini, Pendopo
Kabupaten
2. Mayong
3. Tradisi Larung, Perang Obor, Jembul Tulakan
4. Benteng, Fosil, Candi, Tugu, Masjid
5. 3 yaitu :
a. Sumber sejarah lisan, misalnya : cerita
rakyat Malin Kundang
b. Sumber sejarah tertulis, misalnya :
prasasti, naskah
c. Sumber sejarah benda, misalnya : candi,
fosil
C. Jawaban Tes
Pengayaan
1. Sisa tulang
belulang manusia dan hewan atau sisa tumbuhan yang telah membatu dan tertanam
di lapisan tanah
2. Desa Mantingan
3. Perang Obor
4. Bahasa Sansekerta dan Bahasa Palawa
5. Cerita lisan dari pelaku atau saksi sejarah
D. Jawaban Tes
Perbaikan
1.
A 3. B 5. B
2.
C 4. D
DAFTAR
NAMA SISWA KELAS IV
No
|
Nama Siswa
|
No. Induk
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Mu'arif
Rifai
|
942
|
|
|
2
|
Pujo
Suwarno
|
943
|
|
|
3
|
Shella Dewi
Puspitasari
|
963
|
|
|
4
|
Indah Nur
Fitasari
|
973
|
|
|
5
|
Almay Galih
Pratama
|
971
|
|
|
6
|
Teguh Hadi
Prasetyo
|
977
|
|
|
7
|
Ayu Tri
Wijayanti
|
982
|
|
|
8
|
Nuni Yunita
Aryani
|
983
|
|
|
9
|
Silvana
Olga Osvaldo
|
986
|
|
|
10
|
Anisa
ekawati
|
987
|
|
|
11
|
Rendi
Andika
|
988
|
|
|
12
|
Siki Noor
Arif
|
989
|
|
|
13
|
Iskandar
Sukarnain
|
990
|
|
|
14
|
Adinata
Surya Pratama
|
991
|
|
|
15
|
yoke Ichdota'aliyah
|
992
|
|
|
16
|
Fitriya
Risqi
|
993
|
|
|
17
|
Dwi
Widiastuti
|
994
|
|
|
18
|
Yulia
Kristianingsih
|
995
|
|
|
19
|
Abel Agusta
Banuboro
|
997
|
|
|
20
|
Yuni
Setiyani
|
998
|
|
|
21
|
Trisia
Ratna Dewi N.
|
1000
|
|
|
22
|
Maya
Puspitarini
|
1002
|
|
|
23
|
Linda Ayu
Puspita
|
1007
|
|
|
24
|
Erlis Ayu
P.
|
1008
|
|
|
25
|
Adiningrum
|
1009
|
|
|
26
|
Fira
Maulana
|
1010
|
|
|
27
|
Hanif A'la
|
1013
|
|
|
28
|
Faiqotun
Najah
|
1015
|
|
|
29
|
Foni
Kusanggraini
|
1018
|
|
|
30
|
Eri
Indriana
|
1026
|
|
|
31
|
Andik
Muhtadho
|
1067
|
|
|
ANALISA
HASIL EVALUASI
No
|
Nilai
|
Jumlah Siswa
|
Jumlah Nilai
|
Keterangan
|
1.
|
100
|
|
|
|
2.
|
90
|
|
|
|
3.
|
80
|
|
|
|
4.
|
70
|
|
|
|
5.
|
60
|
|
|
|
6.
|
50
|
|
|
|
7.
|
40
|
|
|
|
Keterangan :
1. Rata-rata kelas
2. Siswa yang nilainya kurang dari rata-rata
diberikan perbaikan
3. Siswa yang nilainya lebih dari rata-rata
diberikan pengayaan
0 Response to "Contoh Rencana Pembelajaran ( RP ) SD Kelas 4 Semester 2 Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosial"