Contoh RPP SD Kelas 4 Semester 1 Bahasa Indonesia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : BI
Kelas/Semester : IV/I
Waktu :
Standar Kompetensi :
1. Mendengarkan
Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah dan simbul daerah/lambang korps.
Kompetensi Dasar :
1.1. Membuat
gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
Indikator :
- Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah.
- Mencatat isi petunjuk atau membuat
sketsa/denah sesuai petunjuk yang didengar.
- Menjelaskan kembali isi petunjuk.
A. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat menunjukkan arah denah yang diperlukan.
- Siswa dapat menggambar/membuat sketsa/denah sesuai petunjuk.
B. Materi Pembelajaran :
- Denah sekolah/lingkungan.
C. Metode Pembelajaran :
- Ceramah
- Tanya jawab
- Tugas
- Diskusi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal :
(Apersepsi) :
1. Guru mengajak siswa menyanyikan petunjuk
arah timur, tenggara, selatan, barat daya dan sebagainya.
2. Guru memperlihatkan gambar-gambar petunjuk
denah.
3. Guru menyebutkan arah yang lain pada
4. Menyajikan gambar denah sekolah.
Kegiatan Inti :
Pertemuan I
1. Tanya
jawab tentang petunjuk denah.
2. Guru
memperlihatkan gambar-gambar petunjuk denah.
3. Siswa
mengamati dan mengidentifikasi gambar denah.
4. Siswa
mencatat isi petunjuk.
5. Guru
menjelaskan isi petunjuk denah.
6. Siswa
membuat sketsa petunjuk arah.
Pertemuan II
1. Siswa
dibagi beberapa kelompok untuk mendiskusikan tentang :
- Petunjuk denah.
- Isi petunjuk dan membuat sketsa.
2. Setiap
kelompok melaporkan hasil diskusi.
3. Siswa
menyimpulkan hasil diskusi dengan bimbingan guru.
Kegiatan Akhir
1. Siswa
mencatat rangkuman.
2. Guru
memberi tugas membuat sketsa/denah sekolah masing-masing.
E. Alat dan Sumber Belajar
- Contoh denah.
F. Penilaian
a. Teknik : Tes lisan dan tes tertulis
b. Prosedur : 1. Tes
awal : ada/tidak
2. Tes dalam proses : ada/tidak
3. Tes akhir :
ada/tidak
c. Bentuk : LKS
d. Instrumen : Dibuat guru
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : BI
Kelas/Semester : IV/I
Waktu :
Standar Kompetensi :
1. Mendengarkan
Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps.
Kompetensi Dasar :
1.2. Menjelaskan
kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.
Indikator :
- Mendengarkan
penjelasan tentang simbol-simbol dalam denah (arah mata angin, tempat umum).
- Menjelaskan
secara rinci satu tempat tertentu simbol suatu daerah/lambang korps dengan
kalimat yang runtut.
A. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat memahami tanda/simbol dalam denah.
- Siswa dapat menjelaskan urutan perjalanan menuju tempat
tertentu dengan kalimat yang runtut.
B. Materi Pembelajaran :
- Simbol suatu daerah.
C. Metode Pembelajaran :
- Ceramah
- Diskusi
- Tugas
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal :
- Siswa diajak bernyanyi “naik-naik ke
puncak”.
- Guru bertanya tentang tempat-tempat yang
pernah dikunjungi siswa.
misal : tempat pariwisata, rumah kerabat.
- Guru menanyakan hal lain seperti jarak
(jauh-dekat) bangunan/tempat apa saja yang dilihat selama melewati tempat itu.
Kegiatan Inti :
- Guru
menugaskan siswa mencermati denah sederhana tentang suatu tempat.
- Guru
menugaskan siswa mencermati dan mendiskusikan simbol-simbol dalam denah,
misalnya arah mata angin (U=Utara, B=Barat, T=Timur, S=Selatan) rumah ibadah,
tempat umum (rumah makan, pom bensin dll).
Kegiatan Akhir
- Siswa
mencatat rangkuman.
- Guru
memberi tugas membuat simbol-simbol dalam denah.
E. Alat dan Sumber Belajar
- Contoh simbol-simbol dalam denah.
F. Penilaian
a. Teknik : Tes lisan dan tes tertulis
b. Prosedur : 1. Tes
awal : ada/tidak
2. Tes dalam proses : ada/tidak
3. Tes akhir :
ada/tidak
c. Bentuk : LKS
d. Instrumen : Dibuat guru
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : BI
Kelas/Semester : IV/I
Waktu :
Standar Kompetensi :
3. Memahami
teks agak panjang (150-200 kata) petunjuk pemakaian makna kata dalam kamus.
Kompetensi Dasar :
3.1. Menemukan
pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas.
Indikator :
- Menunjukkan
kata-kata di dalam kamus.
- Membandingkan
dan mencari kata pada kamus.
- Mengartikan
kata-kata pada kamus yang sepadan.
- Mencari
kata pada kamus beserta arti (maknanya).
A. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat menemukan pikiran pokok teks
agak panjang.
- Siswa dapat memahami 10 kata dengan cara
membaca.
- Siswa dapat menemukan arti (makna) kata
pada kamus.
B. Materi Pembelajaran :
- Menemukan pikiran pokok teks agak panjang
(150-200 kata) dengan cara membaca sekilas.
C. Metode Pembelajaran :
- Ceramah
- Penugasan, Demonstrasi
- Observasi, Diskusi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal :
- Mengulang sepintas materi yang lalu yang
berhubungan dengan penemuan pikiran pokok teks (150-200 kata).
- Tanya jawab pikiran pokok yang telah
dimiliki anak.
- Tanya jawab dan memberikan contoh
kata-kata pada kamus.
Kegiatan Inti :
- Memahami
pikiran pokok agak panjang (150-200 kata).
- Memberikan
5 contoh kata dalam kamus.
- Menjelaskan
arti kata-kata pada kamus.
- Perbedaan
dan persamaan kata-kata pada kamus.
- Membuat
kalimat dengan menggunakan kata-kata pada kamus.
Kegiatan Akhir
- Mengerjakan
LKS.
- Membuat
kalimat dengan menggunakan kata-kata pada kamus.
- Mengumpulkan
hasil kerja anak.
E. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Bahasa Indonesia kelas IV semester I.
- Buku Pendamping yang relevan.
- Buku Kamus Bahasa Indonesia.
F. Penilaian
a. Teknik : Tugas, menulis 10 kata-kata dari kamus
b. Prosedur :
c. Bentuk : Pilgan, uraian, isian
d. Instrumen : LKS
You should see how my associate Wesley Virgin's autobiography starts with this shocking and controversial VIDEO.
BalasHapusWesley was in the military-and soon after leaving-he found hidden, "MIND CONTROL" tactics that the government and others used to get everything they want.
As it turns out, these are the same secrets many celebrities (especially those who "became famous out of nothing") and the greatest business people used to become wealthy and successful.
You've heard that you use less than 10% of your brain.
Mostly, that's because the majority of your brain's power is UNTAPPED.
Perhaps this thought has even taken place INSIDE OF YOUR very own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain about 7 years ago, while riding a non-registered, beat-up trash bucket of a vehicle with a suspended license and $3 in his pocket.
"I'm very frustrated with going through life check to check! When will I get my big break?"
You've taken part in those conversations, ain't it so?
Your success story is going to happen. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.
UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER