Contoh RPP SD Kelas
6 Semester 2 SAINS
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Sains
Satuan Pendidikan : Sekolah
Dasar
Kelas / Semester : VI
/ 2
Waktu : 2
x 40 Menit

A. Kerja Ilmiah
1. Kompetensi Dasar : - Melakukan penyelidikan ilmiah
- Berkomunikasi secara ilmiah
- Bersikap ilmiah
2. Hasil Belajar : - Mengajukan
pertanyaan penelitian sederhana
- Mengumpulkan data
- Memahami cara menyajikan informasi sains
dengan menggunakan sarana dan sumber
- Bekerjasama secara terbuka
3. Indikator : - Membuat
pertanyaan dengan bantuan guru yang mengarah ke penyelidikan
- Melakukan penyelidikan
- Memilih informasi yang relevan untuk
disajikan
- Menyajikan data/informasi sesuai dengan
tujuan dengan berbagai cara untuk mengkomunikasikan secara sistematis proses
dan hasil penyelidikan.
- Bekerjasama dengan teman dalam melakukan
suatu kegiatan kelompok
- Memberikan kontribusi / sumbang saran
- Menerima saran / kritikan untuk perbaikan
B. Pemahaman Konsep dan Penerapannya
1. Kompetensi Dasar : - Bersikap ilmiah
2. Hasil Belajar : - Peduli terhadap makhluk hidup dan
lingkungan
3. Indikator :
- Berpartisipasi
dalam masyarakat untuk mengatasi masalah lingkungan.
- Mendiskusikan cara-cara penggunaan sains
dalam mengatasi masalah misalnya polusi, dan menjaga jenis hewan tertentu dari
kepunahan.
4. Materi Pokok
: - Perubahan lingkungan
fisik dan prosesnya
C. Peralatan dan Bahan
- Lapisan tanah biasa
- Lapisan tanah berumput sedikit
- Lapisan tanah berumput banyak
- 6 kotak atau nampan
D. Persiapan
Guru
menyiapkan alat dan bahan yang akan diperlukan dalam KBM
E. Langkah-langkah / Skenario Pembelajaran
1. Pendahuluan
- Guru
menyediakan 3 jenis tanah
* Tanah
yang tanpa rumput kode A
* Lapisan
tanah dengan sedikit rumput kode B
* Lapisan
tanah dengan banyak rumput kode C
Masing-masing lapisan tanah
diletakkan pada sebuah nampan.
- Guru
membimbing siswa agar timbul masalah
2. Kegiatan Inti
a. Masalah
1
Apa yang terjadi pada tanah yang
gundul dan miring ?
Opini siswa
Siswa diminta berpendapat terhadap
masalah yang dihadapi. Pendapat siswa ditampung guru dan ditulis di papan
tulis. Untuk mengetahui jawaban siswa benar atau salah dilakukan kegiatan.
Kegiatan
1. Siswa dibimbing untuk melakukan percobaan dengan cara :
Nampan I :
tanpa rumput diberi kode A
Nampan II : Dengan sedikit rumput diberi kode B
Nampan III : Dengan
banyak rumput diberi kode C
2. Masing-masing dituangi segayung air di tiap masing-masing nampan.
3. Tampung air yang mengalir pada masing-masing nampan
4. Siswa disuruh mengamati perubahan / kejadian yang terjadi pada
nampan A, nampan B dan nampan C.
5. Catat hasil percobaan pada tabel pengamatan
di bawah ini.
No
|
Hal yang diamati
|
Keadaan masing-masing tanah
|
||
A
|
B
|
C
|
||
1
|
Kecepatan aliran air
|
|
|
|
2
|
Warna air
|
|
|
|
3
|
Endapan lumpur / tanah
|
|
|
|
Kesimpulan 1
- Nampan tanpa rumput (kode A) kecepatan aliran air sangat cepat,
dan endapan lumpur / tanah sangat banyak
- Nampan sedikit rumput (kode B) kecepatan aliran air cepat, dan
endapan lumpur / tanah banyak
- Nampan banyak rumput (kode C) kecepatan aliran air berkurang,
dan endapan lumpur sedikit.
Diskusi
Jika warna
air tampungan diumpamakan sebagai banyaknya tanah yang longsor akibat erosi, maka
bagian nampan manakah yang terlihat sangat keruh ? Berdasarkan percobaan
tersebut apa kesimpulanmu ?
Kesimpulan 2
Warna air
pada nampan A sangat keruh akibat tidak adanya tanaman.
Pada lahan
/ tanah yang tidak ditumbuhi oleh pohon maka erosi dapat terjadi. Erosi
merupakan salah satu penyebab berkurangnya kesuburan tanah. Dengan terjadinya
erosi lapisan tanah yang subur hanyut terbawa arus air lama-kelamaan tanah
menjadi tandus, tanaman tidak dapat tumbuh di tanah yang dilanda erosi karena
tidak cukup tersedia zat hara yang dibutuhkan tanaman.
2. Masalah 2
Usaha apa
yang dapat dilakukan untuk mencegah adanya erosi pada tanah ?
Opini siswa
Siswa diminta berpendapat terhadap
masalah yang dihadapi. Pendapat siswa ditampung guru dan ditulis di papan tulis.
Untuk mengetahui jawaban siswa benar atau salah dilakukan kegiatan.
Kegiatan
Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok (tiap kelompok 3 orang) untuk membahas masalah
di atas. Kemudian mendiskusikan dengan dibimbing oleh guru
Kesimpulan
Salah satu
cara untuk menahan erosi adalah menanam tanaman-tanaman kecil seperti
rumput-rumput yang disebut tanaman pelindung atau pohon, yang akar-akarnya
melekatkan partikel tanah satu sama lain. Air hujan tidak dapat menghayutkan
tanah. Fungsinya seperti dinding besar.
Kecepatan
aliran air pada tanah yang gundul sangat deras sekali sehingga akan mudah
terjadi erosi dan banjir.
3. Penutup
- Buatlah Fortopolio akibat erosi / banjir
0 Response to "Contoh RPP SD Kelas 6 Semester 2 SAINS"